Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Rabu, September 26, 2012

Ribuan Demonstran Iran Serukan Ahmadinejad Mundur

New York, Ribuan demonstran berkumpul di luar markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat untuk melancarkan protes terhadap Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Unjuk rasa tersebut digelar saat Ahmadinejad berpidato di depan Majelis Umum PBB.

"Ahmadinejad, tidak, tidak, tidak!"seru para demonstran yang sebagian besar warga Iran seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (27/9/2012). Aksi demo anti-Ahmadinejad tersebut digelar di Dag Hammarskjold Plaza yang berseberangan dengan gedung PBB.

Para demonstran juga memuji pemerintah AS atas rencananya menghapus nama kelompok People's Mujahedeen of Iran atau MEK dari daftar organisasi-organisasi yang dianggap kelompok teroris oleh AS. MEK merupakan kelompok warga Iran yang mengasingkan diri dan menentang rezim Ahmadinejad.

"Algojo dan penjahat Ahmadinejad tidak mewakili rakyat Iran," cetus Zahra Amanpour di depan para pendukung Maryam Radjavi, presiden terpilih Dewan Perlawanan Nasional Iran di mana MEK merupakan unit terbesar.

"Kami cuma punya satu pesan untuk PBB," kata wanita Iran itu. "Rezim Iran yang kejam harus diusir dari PBB dan kursi Iran harus diserahkan ke oposisi Iran," imbuhnya.

Seorang wanita Iran lainnya, Sarah Jarbandi (23) menyerukan Ahmadinejad untuk mundur dari jabatannya. "Kami di sini untuk menyampaikan kepada dunia bahwa semua yang dikatakan Ahmadinejad hari ini di PBB adalah dusta," cetusnya.

"Pesan kami adalah: pergi!" seru wanita berumur 23 tahun itu. "Kami berjuang untuk mendukung perjuangan rakyat Iran untuk demokrasi dan kebebasan. Saya masih memiliki banyak keluarga di Iran dan mereka menyaksikan penindasan rezim: pembunuhan, penyiksaan," tandasnya.

Sementara di dalam markas besar PBB, Ahmadinejad mengatakan bahwa Iran berada di bawah ancaman Amerika Serikat dan musuh-musuh lainnya. Pemerintah AS memilih memboikot pidato Ahmadinejad yang berlangsung 35 menit itu.

(ita/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar