Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Selasa, Oktober 02, 2012

Langkah-langkah Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Kekeringan kulit juga bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti penyakit diabetes yang menjadikan kulit cenderung kering atau kondisi medis kulit seperti psoriasis. Hal ini bisa dicek dengan dokter ahli kulit.
Tapi sebelum berkonsultasi dengan dokter kulit, bisa mencoba beberapa langkah di bawah ini.

1. Buang bagian kulit kering yang sudah tidak sehat lagi. Sebelum tidur, coba rendam kaki di air hangat selama 15 – 20 menit. Kemudian lakukan eksfoliasi atau pengelupasan menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan kering pada area kaki. Hati-hati pada bagian yang sudah luka, apalagi berdarah. Lebih baik menghindari bagian tersebut.

2. Scrub untuk kaki bisa dengan mudah didapatkan di bagian perawatan kulit di supermarket. Tetapi, untuk mengangkat kulit mati bisa juga menggunakan batu apung yang dikenal sebagai alat ampuh untuk melakukan tugas tersebut. Gosokkan pelan-pelan saja, ya. Jangan khawatir, kulit mati akan tetap terangkat meski gosokannya pelan.

Ramuan lainnya yang saya suka adalah campuran gula pasir yang bisa dibuat dengan mudah. Karena kulit kamu masih sensitif, campurkan ½-1 sendok minyak zaitun dan 2 sendok gula pasir (pilih gula kasar dan bukan gula pasir halus). Apabila kondisi kulit sudah membaik, bisa mencoba campuran lemon dan gula pasir sebagai scrub, karena lemon diketahui sebagai kandungan yang baik untuk membantu eksfoliasi kulit. 

3. Selalu gunakan pelembab untuk kaki setelah mandi dan sedikitnya dua kali sekali. Untuk malam hari, lebih baik menggunakan pelembab yang lebih pekat sehingga memberikan kelembapan lebih. Pelembab yang lebih pekat teksturnya biasanya akan menyebabkan kaki kita mudah berkeringat karena pada malam hari kita tidur dan tidak beraktivitas, jadi ini adalah saat yang paling tepat.

Saya sarankan untuk menggunakan minyak zaitun, body butter, atau pada saat yang sedang kering seperti saat sekarang ini bisa menggunakan petroleum jelly. Aplikasikan sebelum tidur dan gunakan kaus kaki pada saat tidur untuk menjaga kelembaban tetap ‘terjebak’ di dalam area kaki. Biasanya, kaki kita akan langsung terasa lembut di saat kita bangun di pagi hari.

Selamat mencoba, dan mudah-mudahan jawaban di atas bisa berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar