Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Minggu, Mei 17, 2009

Peran guru dengan multi metode dalam kurikulum

Dengan adanya pengembangan kurikulum, dari kurikulum klasik hingga kurikulum modern (2004) yang terkait dengan perubahan zaman sebagai tuntutan idealisme pembelajaran dengan peserta didik serta profesionalitas. Untuk itu peranan guru juga harus sesuai dengan kurikulum sekarang ini serta sesuai dengan psikologi pesrta didik di era globalisasi. Sebagai lembaga yang mengolah dan membentuk kepribadian seorang pendidik harus peka terhadap lingkungan pembelajaran baik internal maupun eksternal. Peranan guru harus diterapkan pada calon-calon pendidik sebagai jawaban untuk mentranfer ilmu terhadap peserta didik.

  1. Sebagai sumber belajar

Guru juga salah satu sumber belajar bagi peserta didik selain buku, matery, dan fasilitas pendidikan lainnya.

  1. Menjadi fasilitator.

Posisi guru pada kurikulum sekarang ini juga sebagai fasilitator,dimana seorang pendidik harus siap memfasilitasi pembelajaran dengan peserta didik dengan metode-metode yang sebagaimana proses pembelajarannya sesuai dengan keadaan psikologi peserta didik secaa umum.

  1. Sebagai manager.

Mengatur suatu proses pembelajaran juga sangat diperlukan baik pembelajaran formal maupun non formal dan melatih peserta didik dalam suatu organisasi sekolah.

  1. Demonstrator

Ketrampilan saat meragakan sesuatu dalam pembelajaran adalah suatu ketrampilan dalam proses mentranferkan ilmu terhadap peserta didik.guru harus kreatif untuk memberi contoh melalui metode meragakan didepan peserta didik.

  1. Administrator.

Tercapainya profesionalitas seorang pendidik salah satunya ialah mengetur pengadministrasian pembelajaran dari perencanaan sampai evaluasi secara efektif.

  1. Motifator.

  1. Sebagai Organisator.

  1. Evaluator

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar